Jumat, 07 Oktober 2011

Ilmu Pengetahuan Dasar

Ilmu pengetahuan dasar adalah (bahasa Inggris: natural science; atau ilmu pengetahuan alam) adalah istilah yang digunakan yang merujuk pada rumpun ilmu dimana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dimana pun.[1]
Sains (science) diambil dari kata latin scientia yang arti harfiahnya adalah pengetahuan. Sund dan Trowbribge merumuskan bahwa Sains merupakan kumpulan pengetahuan dan proses. Sedangkan Kuslan Stone menyebutkan bahwa Sains adalah kumpulan pengetahuan dan cara-cara untuk mendapatkan dan mempergunakan pengetahuan itu. Sains merupakan produk dan proses yang tidak dapat dipisahkan. "Real Science is both product and process, inseparably Joint" (Agus. S. 2003: 11)
Ilmu alam mempelajari aspek-aspek fisik & nonmanusia tentang Bumi dan alam sekitarnya. Ilmu-ilmu alam membentuk landasan bagi ilmu terapan, yang keduanya dibedakan dari ilmu sosial, humaniora, teologi, dan seni.(http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_alam)
Proses ini juga adalah langkah-langkah untuk mengetahui gejala apa saja yang tejadi di dunia, pengetahuan dasar yang kitapelajari adalah bagaimana kita menyikapinnya dengan cara alamiah tanpa kimia. Dari sini tampak bahwa karakter yang mendasarkan untuk kita.
Ilmu pengetahuan dasar termasuk kuantitatif dikarnakan gejala alam yang kita alami karnanya terbentuk kuantitas. Dasar-dasarr yang membentuk
 suatu kejaian sehari-hari yang dapat kita lihat secara kasatmata, sudah menjadi karya ilmiah dasar.
Ilmu alamiah merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang suatu kejadian alam semesta, termasuk di muka bumi ini dan akhirnya terbentuk proses dan prinsip. Dasar yang membuat kita akan mengerti hal sedikit pun atau sekecil apapun untuk mengetahuin dasar-dasarnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar